Tips merencanakan Event Liburan, Event Keluarga

Akhir dan Awal tahun boleh dikatakan sebagai musim liburan paling meriah. Pada saat ini, tidak hanya anak-anak sekolah yang berlibur, banyak juga perusahaan yang libur beroperasi sehubungan dengan rangkaian hari besar Natal dan Tahun Baru. Karena itu, kesuksesan sebuah event di musim liburan ini, bergantung pada kemampuan event organizer mengakomodasi seluruh anggota keluarga.

Ada tiga hal yang bisa dilakukan Event Organizer, Berikut ini Tips merencankan Event Liburan Keluarga:

Pertama, Siapkan ‘ruang tunggu’ bagi anggota keluarga lain. Jika sebuah event ditujukan untuk para Ibu, seperti bazaar misalnya, siapkan space di mana anak dapat bermain dengan leluasa. Misalnya mini playground, atau art and craft corner. Jangan lupa juga space untuk para ayah. Bisa free internet corner, atau mungkin jajaran kursi pijat. Begitu pula jika sebuah event diselenggarakan untuk anak. Siapkan space agar para orangtua dapat menunggu dengan nyaman. Jika ‘para pengantar’ merasa nyaman untuk menunggu, mereka tidak akan mengganggu dan memburu-buru peserta event. Peserta event dapat mengikuti event dengan nyaman, event pun berjalan dengan sukses.

Kedua, adakan di venue yang fleskibel. Jika event organizer merasa kesulitan untuk mendedikasikan sedikit venuenya sebagai ‘ruang tunggu’, buatlah event di venue yang secara tidak langsung menyediakan ruang tunggu. Mall umumnya adalah tempat yang paling aman. Bagi ayah, ibu, maupun anak-anak, mall umumnya menawarkan tempat yang menarik untuk dijadikan ‘ruang tunggu’. Café, Reflexy, Salon, Toko Buku hingga Playground umumnya dapat ditemui di dalam mall. Tapi jangan kehilangan kreatifitas, mall tentu bukan satu-satunya. Bumi Perkemahan, Kebun Binatang, hingga Istora selalu bisa dipilih dengan pertimbangan yang sama.

Ketiga, buat event yang dapat diikuti oleh semua anggota keluarga. Umumnya, saat liburan banyak event organizer yang hanya berkonsentrasi pada event anak. Padahal, tidak hanya anak yang membutuhkan event saat liburan. Banyak orangtua yang juga ingin memiliki quality time bersama anaknya, tapi butuh kegiatan baru yang unik dan seru. Untuk ini, event organizer dituntut agar lebih kreatif. Ada banyak event yang dapat dibuat untuk melibatkan seluruh anggota keluarga. Misalnya Cooking class, lomba rias pohon Natal, family outbound, atau family camp.

Yang pasti, dalam membuat event saat musim liburan, perlu diingat bahwa banyak orang memposisikan liburan sebagai family time. Karena itu, keputusan untuk mengikuti sebuah event tidak hanya bergantung pada si peserta event. Event unuk anak boleh saja sangat menarik bagi anak, tetapi keputusan tetap ada di tangan orangtua. Jika orangtua merasa akan kelelahan jika hanya mengantar dan menunggu, akhirnya anak-anak tetap akan batal ikut. Begitu pula sebaliknya, walaupun sebuah event sangat menarik untuk para ayah misalnya, tetapi kalau mereka pikir anak-anak akan bosan menunggu dan bahkan rewel, bisa-bisa mereka akan membatalkan diri untuk datang.

So…keep all the family member on your mind…and be creative

 

HOPE organizer 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *